LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
Pelaksanaan Karnaval Saparan
Desa Ambarketawang
Paguyuban
Prajurit Wirotani
Gamping
Lor
Tahun 2012
BAB I
KATA PENGANTAR
Dengan segenap syukur Alhamdulillah
kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi Rahmat, Hidayah
dan Inayah kepada kita semua sehingga pelaksanaan karnaval keprajuritan
WIROTANI Gamping Lor dalam rangka perayaan Saparan Desa Ambarketawang Tahun 2012 dapat berjalan lancar dan sukses
sehingga tugas dan kewajiban yang kami emban sebagai Panitia Saparan Prajurit
WIROTANI Padukuhan Gamping Lor dapat kami laksanakan dengan baik dan tak kurang
satu apapun.
Bersama dengan ini pula, kami selaku
Panitia Saparan Prajurit WIROTANI Padukuhan Gamping Lor mengucapkan banyak
terima kasih kepada segenap warga Dusun Gamping Lor baik perseorangan maupun
perkumpulan atau organisasi yang terdapat di Dusun Gamping Lor, yang mana telah
berkenan membantu dengan ikhlas dan tulus baik berupa dana, tenaga maupun
pemikiran dalam acara tersebut.
Tak lupa kami juga mengucapkan
terima kasih kepada seluruh warga Dusun Gamping Lor khususnya warga RT 06 RW 12 yang telah berpartisipasi
untuk ikut andil dalam pelaksanaan Perayaan Saparan tahun 2012 dan bersedia menjadi tuan rumah
dalam pelaksanaan acara tersebut sehingga perayaan dapat berjalan meriah.
Adapun kami selaku panitia membuat
laporan pertanggungjawaban kegiatan Perayaan Saparan dengan maksud dan tujuan
sebagai berikut :
1.
Sebagai
laporan pertanggungjawaban kami kepada Bapak Zairin Noor selaku Kepala Dusun,
Bapak Shollahudin fakhtur sebagai KKLPMD dan segenap anggota KKLPMD dan kepada
seluruh Ketua RW dan RT serta kepada seluruh warga Dusun Gamping Lor.
2.
Sebagai
acuan dan bahan pertimbangan kepada kepanitiaan acara yang sama di tahun yang
akan datang.
Demikan kata pengantar ini kami buat, apabila terdapat
kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja dengan segenap kerendahan hati
kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Gamping Lor, Januari 2012
Ketua Panitia
( Mochtar Junaedi )
BAB II
SUSUNAN PANITIA
KARNAVAL SAPARAN PADUKUHAN GAMPING
LOR TAHUN 2012
Penasehat : Bpk. Zairin Noor
Ketua I :
Bpk. Muchtar Junaedi
Ketua II :
Bpk. Edi Suwanto
Sekretaris
I : Sdr. Wahyu Wijayanto
Sekretaris
II : Sdr. Arif Setiyadi
Bendahara
I : Bpk. Widodo
Bendahara
II : Sdr. Wahyu Tri Wibowo
Seksi
Usaha Dana : Ketua RT 01-08
Seksi
Konsumsi : Ibu-ibu Dasawisma RT
06
Seksi
Perlengkapan : 1. Sdr. Vincentius
Rahmad Hudoyo
2. Sdr. Agung Prabowo
3. Sdr. Aris Kurniawan
Seksi
Tempat : 1. Bpk. Sudirjan
2. Bpk. Santoso
Seksi
Karnaval : 1. Bpk. Benny Widyantana
2. Sdr. Agus Suhartanto
3. Ibu. Wahyuni
4. Ibu. Uni
Suwarti
Seksi
P3K : Bpk. Sulardi
Seksi
Keamanan : 1. Bpk. Purnomo
2. Bpk. Ngadiyo
3. Bpk. Sardiman
4. Bpk. Wandito
5. Bpk. Sudirjan
6. Bpk. Bekti Eryono
Seksi
Humas : 1. Bpk. Edi Susanto
( RT 01 )
2. Sdr. Roni Kurniawan ( RT 02 )
3. Bpk. Hari Purnomo ( RT 03 )
4. Sdr. Dwi Atmoko ( RT 04 )
5. Sdr. Arif Setiyadi ( RT 05 )
6. Bpk. Santoso (
RT 06 )
7. Sdr. Enggar ( RT 07 )
8. Sdr. Christianus Widyantono ( RT 08 )
Pembantu
Umum : Bpk. Suradiono
BAB III
LAPORAN SEKSI-SEKSI
1. Laporan Seksi Usaha
Tugas seksi usaha dibantu oleh kesekretariatan yaitu permohonan bantuan
berupa dana kepada seluruh warga baik perorangan maupun organisasi atau
kelompok yang ada di Dusun Gamping Lor.
2. Laporan Seksi Perlengkapan dan Peralatan Prajurit
Tugas seksi P3 adalah merawat dan menyediakan perlengkapan yang ada
selama disinpan dan digunakan sewaktu kegiatan berlangsung serta menyewa
peralatan prajurit sesuai kebutuhan saat kegiatan berlangsung.
3. Laporan Seksi Konsumsi
Tugas seksi konsumsi adalah menyediakan minuman, snack dan makanan selama
kegiatan berlangsung baik latihan, pelaksanaan karnaval mapun pembubaran
panitia.
4. Laporan Seksi Karnaval
Tugas dari seksi karnaval adalah
mendaftar dan mempersiapkan peralatan peserta karnaval.
5. Laporan Seksi PPPK
Tugas seksi PPPK adalah menyediakan obat-obatan, air mineral dan permen.
6. Laporan Seksi Tempat
Tugas seksi tempat adalah menyediakan tempat karnaval baik untuk
keberangkatan, kedatangan peserta karnaval maupun untuk pembubaran panitia.
7. Laporan Seksi Dokumentasi
Tugas seksi dokumentasi adalah mengabadikan setiap kegiatan baik persiapan,
penampilan sampai kepulangan peserta karnaval.
8. Laporan Seksi Kesekretariatan
Tugas seksi kesekretariatan adalah bekerjasama dengan seksi terkait untuk
mengadakan rapat-rapat, menyediakan kebutuhan surat menyurat, dan membuat buku
laporan pertanggungjawaban.
9. Laporan Seksi Keamanan
Tugas seksi keamanan adalah mendampingi dan mengamankan peserta selama
karnaval dari persiapan sampai kembalinya peserta di tempat pemberangkatan.
10. Laporan Seksi Pembantu Umum
Tugas dari pembantu umum adalah membantu tugas seluruh seksi yang ada
apabila membutuhkan bantuan dari persiapan sampai berakhirnya acara.
11. Laporan Bendahara
Tugas dari bendahara adalah mencatat seluruh dana baik pemasukan maupun
pengeluaran yang berhubungan dengan kegiatan Panitia Saparan di Padukuhan Gamping
Lor tahun 2011.
BAB IV
LAPORAN KEUANGN
PANITIA SAPARAN
PADUKUHAN GAMPING LOR TAHUN 2012
No
|
Keterangan
|
Masuk
|
Keluar
|
1
2
3
4
|
PEMASUKAN
Saldo Paguyuban
Serkiler dari warga
·
RT 01
·
RT 02
·
RT 03
·
RT 04
·
RT 05
·
RT 06
·
RT 07
·
RT 08
Sub Total Rp. 4.320.000,-
Sumbangan Perkumpulan/Perseorangan
·
Minngu Kliwon
·
Rukun
·
Hasta Sari
·
Pertiwi
·
Rabu Pahing
·
Sabtu Kliwon
·
Sinoman
·
Selasan
·
Arisan Tanggal 12
·
Baru
·
Selasa Legi
·
Pemancingan Tirta Raharja
Sub Total Rp. 520.000,-
PENGELUARAN
Seksi Konsumsi
Seksi Tempat
Seksi Karnaval
Seksi PPPK
Kesekretariatan
TOTAL
Saldo
|
Rp.
Rp. 490.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 530.000,-
Rp.
420.000,-
Rp.
640.000,-
Rp.
500.000,-
Rp. 740.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 30.000,-
Rp. 30.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 25.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 25.000,-
Rp.
200.000,-
Rp. 4.840.000,-
Rp. 445.000,-
|
Rp. 2.500.000,-
Rp. 300.000,-
Rp. 1.000.000,-
Rp. 95.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 4.395.000,-
|
Gamping lor, Januari 2012
Bendahara 1
( Widodo)
RINCIAN LAPORAN KEUANGAN
A. SEKSI KARNAVAL
No
|
Keterangan
|
Masuk
|
Keluar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
Pemasukan
Dana dari Panitia Tahap 1
Dana dari Panitia Tahap 2
Perlengkapan Prajurit putri
Sewa andong
Dokumentasi
Bedhil
Isi Bedhil
Sewa Pakaian Anak
Sewa Celana Panjang
Bunga
Peniti
Sewa Topi
TOTAL
|
Rp. 700,000,-
Rp. 300,000,-
Rp. 1.000.000,-
|
Rp. 215,000,-
Rp. 150,000,-
Rp. 100,000,-
Rp. 100,000,-
Rp. 50,000,-
Rp. 100,000,-
Rp. 160,000,-
Rp. 70,000,-
Rp. 5,000,-
Rp. 50,000,-
Rp. 1.000.000,-
|
B. SEKSI TEMPAT
No
|
Keterangan
|
Masuk
|
Keluar
|
Dana Dari Panitia
Tratag
Perkakas
Lain-Lain
TOTAL
|
Rp. 300.000,-
Rp. 300.000,-
|
Rp. 180.000,-
Rp. 50.000,-
Rp. 70.000,-
Rp. 300.000,-
|
C. SEKSI KONSUMSI
No
|
Keterangan
|
Masuk
|
Keluar
|
Dana Dari Panitia
Kas RT 06
Kas PKK / Dasa Wisma RT 06
Keperluan
Konsumsi
TOTAL
Saldo (dikembalikan ke Dasa Wisma RT 06)
|
Rp. 2.500.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 524.000,-
Rp.
3.524.000,-
|
Rp. 3.505.500,-
Rp.
3.505.500,-
Rp.
19.500,-
|
D. SEKSI PPPK
No
|
Keterangan
|
Masuk
|
Keluar
|
Dana Dari Panitia
Aqua Gelas 3 Dos @ Rp. 19.000,-
Permen
TOTAL
Saldo (dikembalikan ke Panitia)
|
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,,-
|
Rp. 57.000,-
Rp. 38.000,-
Rp. 95.000,-
Rp. 5.000,-
|
BAB V
EVALUASI
Dalam rangka pembubaran Panitia
Saparan pada tanggal 15 Januari 2012 yang bertempat di rumah Bapak Sudirjan
Rt 06 Rw 12 ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pelaksanaan Karnaval Saparan
Ambarketawang 13 Januari 2012, dan juga mengenai keorganisasian keprajuritan
WIROTANI Dusun Gamping Lor, diantaranya adalah :
1. Jumlah
snack konsumsi awal perkiraan berjumlah 100, tapi pada pelaksaanannya ternyata jauh melebihi,
sehingga sie konsumsi kurang siap mengantisipasi. Saran: agar ditambah seksi
penghubung antara seksi konsumsi dan seksi karnaval agar estimasi jumlah
personil bisa lebih tepat dan memudahkan sie konsumsi untuk memperkirakan
jumlah snack.
2. Kekurangan
jumlah konsumsi mohon dimaklumi karena untuk event kali ini kekurangan jumlah
konsumsi bukan kesalahan dari sie konsumsi tetapi karena memang jumlah peserta
melebihi dari yang diperkirakan.
3.
Paguyuban
belum mempunyai data pasti jumlah prajurit.
4. Selama
pawai berlangsung parjurit harus menjaga sikap simpatik terhadap penonton agar
jangan sampai menimbulkan rasa kurang nyaman bagi penonton.
5. Penonton
yang ingin menonton lebih dekat agar prajurit membiarkannya saja karena itu
sudah menjadi kewenangan bagi jogo boyo untuk memperingatkannya selama tidak
mengganggu jalanya pawai.
6. Barisan
prajurit agar ditata lebih rapi mulai dari pakaian, cara berbaris, tabuhan agar
terlihat lebih serempak.
7. Selama
pawai berlangsung prajurit agar patuh kepada aba-aba komandan, begitu juga
komandan harus bisa tampil lebih berwibawa dalam mengomando pasukannya.
8. Adanya
kesalah pahaman yang menyebabkan peerselisihan antara prajurit dan penonton
agar dihindari, agar perilaku kurang simpatik dari salah satu personil merusak
citra dari seluruh prajurit, dan terlebih akan mencoreng nama baik Dusun
Gamping Lor.
9. Laporan
LPJ harap segera diselesaikan dan diserahkan pada masing-masing RT dan lembaga
dusun serta di arsipkan dipaguyuban.
9. Jogo boyo agar mengkondisikan agar tidak ada pihak yang
mengganggu binatang (kuda) yang menyebabkan kemarahan bagi kuda yang
mengakibatkan kecelakaan seperti yang telah terjadi.
10. Pagyuban harap segera membuat AD/ART
11. Peretemuan pengurus paguyuban agar
dilakukan lebih intens agar apabila ada hal yang penting bisa dibahas sesegera
mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar