Sabtu, 31 Desember 2011

LPJ 2011

BAB I
KATA PENGANTAR

            Dengan segenap syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi Rahmat, Hidayah dan Inayah kepada kita semua sehingga pelaksanaan karnaval keprajuritan WIROTANI Gamping Lor dalam rangka perayaan Saparan Desa Ambarketawang Tahun 2011 dapat berjalan lancar dan sukses sehingga tugas dan kewajiban yang kami emban sebagai Panitia Saparan Prajurit WIROTANI Padukuhan Gamping Lor dapat kami laksanakan dengan baik dan tak kurang satu apapun.
            Bersama dengan ini pula, kami selaku Panitia Saparan Prajurit WIROTANI Padukuhan Gamping Lor mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap warga Dusun Gamping Lor baik perseorangan maupun perkumpulan atau organisasi yang terdapat di Dusun Gamping Lor, yang mana telah berkenan membantu dengan ikhlas dan tulus baik berupa dana, tenaga maupun pemikiran dalam acara tersebut.
            Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dusun Gamping Lor khususnya warga RT 03 RW 12 yang telah berpartisipasi untuk ikut andil dalam pelaksanaan Perayaan Saparan tahun 2011 dan bersedia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan acara tersebut sehingga perayaan dapat berjalan meriah.
            Adapun kami selaku panitia membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan Perayaan Saparan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut :
1.      Sebagai laporan pertanggungjawaban kami kepada Bapak Zairin Noor selaku Kepala Dusun, Bapak Shollahudin fakhtur sebagai Ketua KKLPMD dan segenap anggota KKLPMD dan kepada seluruh Ketua RW dan RT serta kepada seluruh warga Dusun Gamping Lor.
2.      Sebagai acuan dan bahan pertimbangan kepada kepanitiaan acara yang sama di tahun yang akan datang.
Demikan kata pengantar ini kami buat, apabila terdapat kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja dengan segenap kerendahan hati kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Gamping Lor, 22 April 2011
  Ketua Panitia


         ( Beni Widyantana )

 
BAB II
SUSUNAN PANITIA
PERAYAAN SAPARAN PADUKUHAN GAMPING LOR TAHUN 2011

Penasehat                    :  Bpk. Zairin Noor
Ketua I                                    :  Bpk. Beni Widyantana
Ketua II                      :  Bpk. Purnomo
Sekretaris I                  :  Sdr. Suryono
Sekretaris II                :  Sdr. Roni Kurniawan
Bendahara I                :  Bpk. Widodo
Bendahara II               :  Bpk. Temon Uripto
Seksi Usaha Dana       :  Ketua RT 01-08
Seksi Konsumsi           :  Ibu-ibu Dasawisma RT 03
Seksi Perlengkapan     :  1. Sdr. Vincentius Rahmat Hudoyo
                           2. Sdr. Agung Prabowo
                                       3. Sdr. Aris Kurniawan
Seksi Tempat              :  1. Bpk. Ilham
                           2. Bpk. Hendi
Seksi Karnaval            :  1. Bpk. Mochtar Junaedi
               2. Bpk. Agus Suhartanto
                           3. Sdri. Septi
                                       4. Sdri. Widya
                                       5. Ibu. Uni Suwarti
Seksi P3K                   :  Bpk. Sugiminarno

Seksi Keamanan          :  1. Bpk. Sulardi
                     2. Bpk. Ngadiyo
                     3. Bpk. Sardiman
                     4. Bpk. Wandito
                     5. Bpk. Suradiyono
                     6. Bpk. Bekti Eryono
Seksi Humas               :  1. Bpk Edi Susanto ( RT 01 )
                     2. Sdr. Roni Kurniawan ( RT 02 )
                     3. Bpk. Hari Purnomo ( RT 03 )
                     4. Sdr. Dwi Atmoko ( RT 04 )
                     5. Sdr. Arif Setiyadi ( RT 05 )
                     6. Bpk. Santoso ( RT 06 )
                     7. Sdr. Enggar ( RT 07 )
                     8. Sdr. Christianus Widyantono ( RT 08 )
Pembantu Umum        :  Sdr. Hendry Wijaya

  
BAB III
LAPORAN SEKSI-SEKSI

1.      Laporan Seksi Usaha
Tugas seksi usaha dibantu oleh kesekretariatan yaitu permohonan bantuan berupa dana kepada seluruh warga baik perorangan maupun organisasi atau kelompok yang ada di Dusun Gamping Lor.

2.      Laporan Seksi Perlengkapan dan Peralatan Prajurit
Tugas seksi P3 adalah merawat dan menyediakan perlengkapan yang ada selama disinpan dan digunakan sewaktu kegiatan berlangsung serta menyewa peralatan prajurit sesuai kebutuhan saat kegiatan berlangsung.
NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari Panitia
Rp. 600.000,-

2.
Biaya pembuatan tombak baru

Rp. 390.000,-
3.
Biaya bordir bendera/panji-panji

Rp. 130.000,-
4.
Biaya beli amplas

Rp.   16.000,-
5.
Jumlah
Rp. 600.000,-
Rp. 536.000,-

Sisa/kurang
Rp.   64.000,-



3.      Laporan Seksi Konsumsi
Tugas seksi konsumsi adalah menyediakan minuman, snack dan makanan selama kegiatan berlangsung baik latihan, pelaksanaan karnaval mapun pembubaran panitia.
No
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp. 2.500.000,-

2.
Dana Dari Ibu Yanti  ( RT 03 )
Rp.    100.000,-

3.
Bumbu dapur

Rp.   16.000,-
4.
Kubis dan buncis

Rp.   25.000,-
5.
Daging ayam

Rp. 605.000,-
6.
Tahu dan timun

Rp.   10.000,-
7.
Cabe

Rp. 146.000,-
8.
Kentang

Rp.   37.000,-
9.
Wortel dan loncang

Rp.   15.000,-  
10.
Seledri

Rp.     5.000,-
11.
Kerupuk udang

Rp.   91.000,-
12.
Tomat

Rp.   11.500,-
13.
Snack kerja bakti

Rp.   26.000,-
14.
Kelapa

Rp.   60.000,-
15.
Daun pisang

Rp.   10.000,-
16.
Kelapa muda

Rp.   20.000,-
17.
Konsumsi latihan

Rp. 100.000,-
18.
Sabun cuci

Rp.   10.000,-
19.
Gula dan teh

Rp. 204.700,-
20.
Kacang tanah

Rp.   50.000,-
21.
Kecambah

Rp.   28.500,-
22.
Tepung kanji

Rp.     9.000,-
23.
Gula jawa dan ketan

Rp. 159.200,-
24.
Minyak

Rp. 137.000,-
25.
Bawang merah dan putih

Rp. 100.000,-
26.
Garam,kecap,penyedap rasa

Rp.   33.900,-
27.
Gandum cakra

Rp.   21.000,-
28.
Miri,Mrica, polo

Rp.   28.000,-
29.
Telur dan so’on

Rp.   37.800,-
30.
Kertas Minyak

Rp.   11.000,-
31.
Plastik

Rp.   17.200,-
32.
Sendok, isi stemples

Rp.   24.000,-
33.
Dos

Rp.   99.000,-
34.
Kayu Bakar

Rp. 105.000,-
35.
Bayar tenaga masak

Rp. 235.000,-
36.
Jumlah
Rp. 2.600.000,-
Rp. 2.488.300,-

Saldo
Rp.    111.700,-


Bantuan berupa barang
NO
Keterangan
Jenis Barang
1.
Dari Ibu Esti, Mbak Dora & Ibu-ibu RT 03
Beras sebanyak 30kg
2.
Dari Bpk. Imam Ismail RT 07
Gula sebanyak 1kg dan Teh 1pack


4.      Laporan Seksi Karnaval
Tugas dari seksi karnaval adalah mendaftar dan mempersiapkan peralatan peserta karnaval.
Karnaval prajurit putra
No
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Anggaran dari panitia
Rp. 450.000,-

2.
Tambahan dana dari panitia
Rp. 250.000,-

3.
Sewa baju anak-anak putra

Rp.   80.000,-
4.
Titan ( sin white )

Rp.   11.000,-
5.
Gliter

Rp.   55.000,-
6.
Botol canting/cuka

Rp.   52.500,-
7.
Minyak srimpi

Rp.     7.000,-
8.
Kembang melati dan kantil

Rp.   60.000,-
9.
Baby oil dan tali rafia

Rp.   15.000,-
10.
Bola pingpong

Rp.   24.000,-
11.
Peniti

Rp.   10.000,-
12.
Tali elastic

Rp.   10.000,-
13.
Cat, Thinner 2 liter, kuas 5 buah

Rp. 103.000,-
14.
Amunisi

Rp. 100.000,-
15.
 Sewa  Andong

Rp. 150.000,-
16.
Jumlah
Rp. 700.000,-
Rp. 677.500,-

Saldo
Rp.   22.500,-



Karnaval Prajurit Putri
NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp. 975.000,-

2.
Sewa pakaian 27 buah/ @ Rp.25.000,-

Rp. 675.000,-
3.
Hairspray

Rp.   25.000,-
4.
Harnet

Rp.   27.000,-
5.
Konde

Rp.     8.000,-
6.
Jepet

Rp.   14.000,-
7.
Peniti

Rp.    9.000,-
8.
Tali Rafia

Rp.    7.000,-
9.
Tissue

Rp.    7.000,-
10.
Sisir sanggul

Rp.    5.000,-
11.
Make Up

Rp. 120.700,-
12.
Jumlah
Rp. 975.000,-
Rp. 897.700,-

Saldo
Rp.   77.300,-


5.      Laporan Seksi PPPK
Tugas seksi PPPK adalah menyediakan obat-obatan, air mineral dan permen.
NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp.    100.000,-

2.
Tambahan dana dari panitia
Rp.    889.000,-

3.
Serkileran dari peserta karnaval
Rp.    400.000,-

3.
Bantuan sosial sdr. Enggar

Rp.    500.000,-
4.
Biaya pengobatan sdr. Enggar & sdr. Endro

Rp.    789.000,-
5.
Minyak kapak 1 buah

Rp.         5.000,-
6.
Kapas 1 pack

Rp.         1.000,-
7.
Kembang gula 3 pack

Rp.       24.000,-
8.
Aqua gelas 3 kardus

Rp.       52.500,-
9.
Jumlah
Rp. 1.389.000,-
Rp. 1.371.500,-
Saldo
Rp.      17.500,-


6.      Laporan Seksi Tempat
Tugas seksi tempat adalah menyediakan tempat karnaval baik untuk keberangkatan, kedatangan peserta karnaval maupun untuk pembubaran panitia.

NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp. 300.000,-

2.
Sewa Tratag 2 unit

Rp. 240.000,-
3.
Beli rokok

Rp.   30.000,-
4.
Jumlah
Rp. 300.000,-
Rp. 270.000,-

Saldo
Rp.   30.000,-



7.      Laporan Seksi Dokumentasi
Tugas seksi dokumentasi adalah mengabadikan setiap kegiatan baik persiapan, penampilan sampai kepulangan peserta karnaval.
No
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp. 100.000,-

2.
Cuci  dan cetak foto

Rp. 100.000,-
3.
Jumlah
Rp. 100.000,-
Rp. 100.000,-

8.      Laporan Seksi Kesekretariatan
Tugas seksi kesekretariatan adalah bekerjasama dengan seksi terkait untuk mengadakan rapat-rapat, menyediakan kebutuhan surat menyurat, dan membuat buku laporan pertanggungjawaban.
NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Dana dari panitia
Rp. 500.000,-

2.
Fotokopi undangan, proposal, dan logo prajurit

Rp.   37.800,-
3.
Stop map

Rp.      4.800,-
4.
Buku kwitansi

Rp.      2.700,-
5.
Konsumsi rapat-rapat

Rp. 177.000,-
6.
LPJ

Rp. 225.000,-
7.
Jumlah
Rp. 500.000,-
Rp. 447.300,-

Saldo
Rp.   52.700,-



9.      Laporan Seksi Keamanan
Tugas seksi keamanan adalah mendampingi dan mengamankan peserta selama karnaval dari persiapan sampai kembalinya peserta di tempat pemberangkatan.

10.  Laporan Pembantu Umum
Tugas dari pembantu umum adalah membantu tugas seluruh seksi yang ada apabila membutuhkan bantuan dari persiapan sampai berakhirnya acara.

11.  Laporan Bendahara
Tugas dari bendahara adalah mencatat seluruh dana baik pemasukan maupun pengeluaran yang berhubungan dengan kegiatan Panitia Saparan di Padukuhan Gamping Lor tahun 2011.
NO
Keterangan
Debit
Kredit
1.
Pemasukan
Rp. 7.417.450,-

2.
Pengeluaran

Rp. 6.788.300,-
3.
Jumlah
Rp. 7.417.450,-
Rp. 6.788.300,-

Saldo
Rp.    629.150,-


  
LAPORAN KEUANGAN
PANITIA PERAYAAN SAPARAN PADUKUHAN GAMPING LOR TAHUN 2011
No
Keterangan
Debet
Kredit


1

2


















3



























4
PEMASUKAN
Saldo Paguyuban
Sumbangan dari warga
·         RT 01
·         RT 02
·         RT 03
·         RT 04
·         RT 05
·         RT 06
·         RT 07
·         RT 08
Sumbangan perseorangan/ perkumpulan
·         Ibu Sugiminarno
·         Bpk Zairin Noor
·         Perkumpulan BARU
·         Perkumpulan Arisan tgl 12
·         Perkumpulan PERTIWI
·         Perkumpulan SABTU KLIWON
·         Perkumpulan SINOMAN
·         Perkumpulan MINGGU KLIWON
·         Perkumpulan RUKUN
·         Perkumpulan RABU PAHING
·         Perkumpulan SELASAN
·         Serkileran peserta KARNAVAL
PENGELUARAN
Keperluan Seksi Konsumsi
Keperluan Seksi Perlengkapan
Keperluan Seksi Tempat
Keperluan Seksi Karnaval
Keperluan Seksi Kesekretariatan
Keperluan Seksi Dokumentasi
Keperluan Seksi PPPK

TOTAL
Saldo


Rp.    896.450,-

Rp.    487.000,-
Rp.    500.000,-
Rp. 1.407.000,-
Rp.    865.000,-
Rp.    394.000,-

Rp.    500.000,-

Rp.    542.000,-

Rp.    926.000,-


Rp.    100.000,-

Rp.      50.000,-

Rp.      50.000,-

Rp.      50.000,-

Rp.      30.000,-

Rp.      25.000,-

Rp.      25.000,-

Rp.      25.000,-

Rp.      20.000,-


Rp.      15.000,-

Rp.      10.000,-

Rp.    500.000,-


















Rp.  7.417.450,-

 Rp.    629.150,-


























Rp. 2.488.300,-
Rp.    536.000,-
Rp.    270.000,-
Rp. 1.575.200,-
Rp.    447.300,-
Rp.    100.000,-
Rp. 1.371.500,-

Rp. 6.788.300,-

Gamping lor, April 2011
Bendahara


( Widodo)




BAB IV
DAFTAR PESERTA KARNAVAL

A.    Penunggang Kuda
1.      Bpk. Supriyanto Al Amin
2.      Bpk. Purnomo
3.      Bpk. Beni Widyantana
4.      Sdr. Vincent
5.      Sdr. Hendry Wijaya

B.     Penunggang Kuda
-          Satu Andong 4 orang

C.     Pembawa Umbul-Umbul dan Panji
1.      Bpk. Edi Suwanto
2.      Sdr. Suryono
3.      Bpk. Kurnadi

D.    Komandan Prajurit
-          Bpk. Madiono
   
E.     Kelompok Musik
1.      Sdr. Suryo                                                         9.  Bpk. Supardi
2.      Sdr. Tunggul                                                   10.  Bpk. Parjiman
3.      Sdr. Nurrahmanu                                            11.  Bpk. Widodo
4.      Sdr. Dicky Pamungkas                                   12.  Bpk. Hari Purnomo
5.      Sdr. David Christiano                                     13.  Bpk. Suratiman
6.      Sdr. Agung Prabowo                                      14.  Bpk. Supriyadi
7.      Bpk. Supangat                                                            15.  Bpk. Ganjar
8.      Bpk. Agus Nursanto                                       16.  Bpk. Parjio
                                                                        17. Sdr. Aditya

F.      Prajurit Putri
1.      Widya ( komandan )                                       14. Arum          
2.      Ajeng                                                              15. Lina
3.      Rinda                                                              16. Dinda
4.      Fasa                                                                 17. Diah Ayu
5.      Latifah                                                                        18. Siti
6.      Leni                                                                 19. Nita
7.      Beta                                                                 20. Ela
8.      Sita                                                                  21. Nana
9.      Ratna                                                               22. Tias
10.  Yupi                                                                23. Hanivah
11.  Rima                                                                24. Ana
12.  Eka                                                                  25. Siti
13.  Diah
G.    Prajurit Bedil
1.      Sdr. Aris kurniawan                                        8. Sdr. Novi
2.      Bpk. Endro                                                     9. Sdr. Enggar
3.      Bpk. Suradiono                                               10. Sdr. ferri
4.      Bpk. Undito                                                    11. Sdr. Undri
5.      Bpk. Supriyanto                                              12. Sdr. Wawan
6.      Bpk. Totok                                                      13. Sdr. Abe Wahyu
7.      Bpk. Edi
H.    Prajurit Tombak
1.      Bpk. Sari                                                         16.  Sdr. Wijiono
2.      Bpk. Rais Hermawan                                      17.  Sdr. Agus
3.      Bpk. Edi Susanto                                            18.  Sdr. Sidiq
4.      Bpk. Mulyono                                                 19.  Sdr. Hari
5.      Bpk. Santosa                                                   20.  Sdr. Nunung
6.      Bpk. Santoso                                                   21.  Sdr. Wahyu
7.      Bpk. Muji Raharjo                                          22.  Sdr. Wawan
8.      Bpk. Kurnadi                                                  23.  Bpk. Slamet
9.      Bpk. Nugroho                                                 24.  Bpk. Andi
10.  Sdr. Agung Tridaniyanto                                25.  Bpk. Ngadino
11.  Sdr. Oda                                                         26.  Bpk. Atok
12.  Sdr. Singgih                                                    27.  Bpk. Widodo (RT02)
13.  Sdr. Dwi                                                         28.  Bpk. Tarman
14.  Sdr. Gilang                                                      29.  Bpk. Arjo Utomo
15.  Sdr. Sumijan                                                   30.  Sdr. Sani


I.       Pengiring
1.      Bpk. Suratman                                                              9.  Bpk. Agus Suhartanto
2.      Bpk. Agus Gunawan                                      10.  Bpk. Ilham
3.      Bpk. Sulardi                                                    11.  Bpk. Wanto
4.      Bpk. Suradiono                                               12.  Bpk. Mat Sunarto
5.      Bpk. Wandito                                                 13.  Sdr. Arif Setiyadi
6.      Bpk. Sardiman                                                            14.  Sdr. Roni Kurniawan
7.      Bpk. Minarjo                                                   15.  Sdr. Wahyu Tri Wibowo
8.      Bpk. Sudi MU

Jumlah seluruh peserta : 110 orang dan 1 Andong

  
BAB V
DAFTAR INVENTARIS KEPRAJURITAN WIROTANI
PADUKUHAN GAMPING LOR TAHUN 2011
No
Jenis
Jumlah
1
Bende
2 Buah
2
Kendang
2 Buah
3
Kecer
1 Buah
4
Tambur
4 Buah
5
Suling
16 Buah
6
Keris
38 Buah
7
Stagen
42 Buah
8
Kamus
36 Buah
9
Kaos Kaki
64 Buah
10
Umbul-umbul
6 Buah
11
Pedang
1 Buah
12
Surjan
75 Buah
13
Sayak
60 Buah
14
Tombak
30 Buah
15
Topi
65 Buah
16
Celana
49 Buah
17
Monekin
2 Buah
18
Bendera panji
1 Buah



BAB VI
EVALUASI

Dalam rangka pembubaran Panitia Saparan pada hari Sabtu 22 Januari 2011 yang bertempat di rumah Sdr. Suryono Rt 03 / Rw 11, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pelaksanaan karnaval, keorganisasian keprajuritan WIROTANI Dusun Gamping Lor dan perubahan atau perlengkapan keprajuritan yang ada, diantaranya adalah :
1.      Bapak Zairin Noor
Menghimbau bagi Prajurit WIROTANI yang berseragam untuk tetap dibarisan selama acara berlangsung dan diharapkan bagi semua anggota prajurit hendaknya berhati-hati dalam menggunakan peralatan prajurit, akan tetapi alat peraga lebih selektif dalam pembuatan dan diberi arahan untuk menggunakanya agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan selama karnaval berlangsung. Kendaraan yang mengikuti karnaval hendaknya di hias.
2.      Bapak Sugiminarno
Semoga keprajuritan WIROTANI Gamping Lor dapat  lebih meriah dari tahun lalu. Lebih hati-hati dan dimohon kepada semua Prajurit WIROTANI tidak menggunakan kacamata hitam gaul. Semoga Prajurit WIROTANI dapat mengikuti event di daerah lain.
3.      Bapak Sardiman
Mengusulkan untuk para Prajurit WIROTANI dalam berbaris lebih rapi dan peralatan inventaris prajurit di tambah yang baru.
4.      Bapak Supri
Mengusulkan untuk para Prajurit WIROTANI musik agar lebih selektif dan terlatih.


5.      Bapak Muhtar
Menghimbau bagi prajurit bedil untuk lebih disiplin dan memahami aturan standarisasi alat yang digunakan semisal bedil.



















                        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar